MUAROJAMBI – Penjabat Bupati Kabupaten Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah SH. MH, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono S. Sos. MT, menghadiri acara “LAUNCHING INOVASI PELAYANAN DINAS DUKCAPIL KABUPATEN MUARO JAMBI” yang berlangsung di Hotel Ratu, Jumat (3/05/2024).
Dalam sambutannya, Bachyuni Deliansyah menyampaikan pentingnya perbaikan pelayanan publik dengan mempertimbangkan luasnya wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang mengelilingi Kota Jambi, menjadi tantangan tersendiri dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Jarak yang jauh antar desa dan kecamatan ke Ibukota Kabupaten Muaro Jambi di Sengeti menuntut OPD yang bertugas dalam pelayanan publik untuk terus berinovasi guna meningkatkan kualitas layanan.
“Pagi tadi saya telah melaksanakan ‘Soft Launching’ Mall Pelayanan Publik di Sengeti, di mana seluruh OPD dan Dinas Instansi vertikal yang terlibat dalam pelayanan publik bergabung dalam satu wadah, yaitu Mall Pelayanan Publik yang dikoordinir oleh Dinas DPM-PTSP. Dinas Dukcapil juga termasuk OPD yang menyediakan layanan di MPP tersebut,” kata Bachyuni.
Meskipun telah dibangunnya MPP, Bachyuni mengakui bahwa tantangan terkait jarak dan waktu dalam pelayanan publik masih perlu diselesaikan.
“Hari ini kita mengintegrasikan pelayanan administrasi kependudukan dengan layanan di tingkat Kecamatan, Desa, dan Kelurahan, ditambah dengan inovasi-inovasi lainnya untuk memudahkan dan mendekatkan layanan administrasi kebutuhan kepada masyarakat. Ini memberikan masyarakat banyak pilihan untuk mengurus dokumen kependudukan, baik di Sengeti di Dinas Dukcapil dan MPP, maupun di Kecamatan, Desa, Kelurahan, atau secara mandiri melalui ponsel di rumah,” tambahnya.
“Saya bertekad untuk meningkatkan kualitas layanan dan memudahkan akses masyarakat. Sebagai Penjabat Bupati Muaro Jambi, apa yang telah diluncurkan hari ini semoga dapat diimplementasikan dengan baik, sehingga peran Pemerintah Daerah sebagai pelayan masyarakat dapat terwujud dengan inovasi layanan yang kita lakukan,” tutup Bachyuni.
Bachyuni juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Camat, Kepala Desa, dan Lurah yang berperan sebagai ujung tombak pelayanan di tingkat bawah dan telah memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat ke depannya. (Adv)