• Hubungi Kami
  • Pasang Iklan
  • Redaksi
Kamis, Desember 25, 2025
Bacajambi.id
  • Login
  • RAGAM
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • KESEHATAN
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • SELEBRITIS
  • HUKRIM
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PENDIDIKAN
  • RAGAM
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • KESEHATAN
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • SELEBRITIS
  • HUKRIM
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PENDIDIKAN
No Result
View All Result
Bacajambi.id

Kementerian PAN-RB Mendorong Penguatan Sistem Pengaduan Laporan Publik melalui LAPOR!

BACA JAMBI by BACA JAMBI
17 September 2025
in NASIONAL, Pemerintahan
0
Kementerian PAN-RB Mendorong Penguatan Sistem Pengaduan Laporan Publik melalui LAPOR!

Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dengan memperkuat sistem pengelolaan pengaduan melalui LAPOR!.

Pengaduan LAPOR! sebagai aplikasi bersama dalam bidang pengelolaan pengaduan dan pemanfaatan menjadi indikator penilaian pelayanan publik, penilaian reformasi birokrasi, serta indikator tingkat kematangan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

READ ALSO

Kejaksaan Agung Serahkan Penguasaan Kembali Kawasan Hutan 4 Juta Hektar dan Uang Hasil Rampasan Korupsi Rp6,6 Triliun ke Negara

Kepala BKN Prof. Zudan Arif : Pelantikan PPPK Paruh Waktu Harus Selesai di Bulan Desember 2025

Selaras dengan arahan Presiden Prabowo dalam reformasi pelayanan publik, instansi pemerintah didorong untuk mewujudkan harapan masyarakat akan pelayanan publik yang cepat, adil, dan manusiawi.

“LAPOR! menjadi salah satu kanal partisipasi publik yang dimanfaatkan sebagai jembatan kemitraan antara aspirasi masyarakat dengan respons pemerintah,” ungkap Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Publik Kementerian PANRB Insan Fahmi membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan SP4N-LAPOR! pada Lingkup Kementerian dan Lembaga Prioritas, di Jakarta, Senin (15/9/2025).

Melalui LAPOR!, Kementerian PANRB mendorong agar laporan publik dapat memperbaiki birokrasi lebih bersih dan adil, sehingga pelayanan publik di masyarakat memiliki jiwa untuk melayani. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan data pengelolaan pengaduan sebagai bahan evaluasi dalam mengakomodir kebijakan.

“Konsep yang akan dibangun kedepannya, LAPOR! tidak hanya menjadi alat untuk melibatkan publik, tetapi juga alat untuk kolaborasi dan berdiskusi dengan publik dan mendorong publik lebih berdaya. Ttidak hanya menyampaikan laporan dan aduan, tetapi juga menentukan prioritas kebijakan dan menilai efektivitas kebijakan yang dibuat oleh pemerintah,” jelas Insan.

Dalam penguatan pengelolaan pengaduan, Peraturan Menteri PANRB Nomor 5 tahun 2025 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Pengaduan Nasional merumuskan fokus utama kebijakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional.

Fokus ini terdiri dari aturan tata kelola, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi, serta ketentuan dalam integrasi sistem pengaduan bertahap.

Lebih lanjut, Insan menjelaskan persamaan persepsi antar-instansi dalam optimalisasi LAPOR! yang juga penting untuk ditingkatkan. Komitmen pengelolaan pengaduan tidak hanya terkait tata kelola kelembagaan, tetapi Admin Instansi juga didorong untuk memiliki kesadaran dalam menyelesaikan tindak lanjut laporan yang tepat waktu.

Transformasi LAPOR! terus dikembangkan sebagai bagian dari standar tata kelola yang modern. Roadmap SP4N-LAPOR! 2025-2029 juga disusun sebagai menjadi wujud nyata dari penguatan pengelolaan pengaduan yang lebih baik.

Bagi penyelenggara pelayanan publik, _roadmap_ ini dapat menjadi acuan dalam melakukan tahapan atau langkah-langkah penyempurnaan LAPOR!.

Aspek utama penguatan pengelolaan, diantaranya simpul koordinasi, penguatan manajemen pengelolaan pengaduan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), sumber daya keuangan, hingga integrasi sistem dan pengembangan aplikasi dalam klasifikasi kategori laporan secara otomatis.

“Keaktifan dan efektivitas pengelolaah akan terus ditingkatkan dan kita mendorong partisipasi masyarakat secara aktif untuk dapat bersama mewujudkan pelayanan publik berorientasi pada manusia. (tugas).

Tags: Kementerian PANRBPengaduan LAPOR!Sistem Pengaduan Laporan Publik

Related Posts

Kejaksaan Agung Serahkan Penguasaan Kembali Kawasan Hutan 4 Juta Hektar dan Uang Hasil Rampasan Korupsi Rp6,6 Triliun ke Negara
HUKRIM

Kejaksaan Agung Serahkan Penguasaan Kembali Kawasan Hutan 4 Juta Hektar dan Uang Hasil Rampasan Korupsi Rp6,6 Triliun ke Negara

Kepala BKN Zudan Arif Tekankan Meritokrasi dan Digitalisasi Sebagai Fondasi Ekosistem Talenta ASN Unggul
Daerah

Kepala BKN Prof. Zudan Arif : Pelantikan PPPK Paruh Waktu Harus Selesai di Bulan Desember 2025

Mendagri Dorong Pemda Dukung Penyaluran Beras SPHP untuk Kendalikan Harga Beras di 214 Daerah
NASIONAL

Mendagri Minta Pemda Percepat  Realisasikan APBD untuk Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Kepala BKN  Zudan Arif : Sistem Pro ASN BKN Gratis dan Dukung Implementasi Manajemen Talenta
NASIONAL

Kepala BKN  Zudan Arif : Sistem Pro ASN BKN Gratis dan Dukung Implementasi Manajemen Talenta

OPD di Kabupaten Merangin diminta Segera Cetak DPA Sebelum Mengajukan Pencairan GU, LS dan Gaji Pegawai Honorer 
Daerah

Gaji PPPK Penuh Waktu dan TPP ASN  Merangin Bulan Desember 2025 sudah Bisa dibayarkan

Kejaksaan Agun Tahan Mantan Kajari Enrekang Terkait Penerimaan Uang Suap Perkara BAZNAS
HUKRIM

Kejaksaan Agun Tahan Mantan Kajari Enrekang Terkait Penerimaan Uang Suap Perkara BAZNAS

Next Post
Bupati Muaro Jambi BBS Audiensi dengan BPKP Provinsi Jambi

Bupati Muaro Jambi BBS Audiensi dengan BPKP Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULAR NEWS

No Content Available
Plugin Install : Popular Post Widget need JNews - View Counter to be installed

EDITOR'S PICK

Gubernur Al Haris Halal Bi Halal Bersama Masyarakat Tanjung Raden

Gubernur Al Haris Halal Bi Halal Bersama Masyarakat Tanjung Raden

KPK Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi PT Perusahaan Gas Negara

KPK Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi PT Perusahaan Gas Negara

Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Kecamatan Muara Bulian Dihadiri Bupati Batang Hari

Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Kecamatan Muara Bulian Dihadiri Bupati Batang Hari

Kadis Kominfo Jambi Sambut Baik Roadshow Bus KPK 2023 dalam Membangun Kesadaran Antikorupsi

Kadis Kominfo Jambi Sambut Baik Roadshow Bus KPK 2023 dalam Membangun Kesadaran Antikorupsi

  • Redaksi
  • Hubungi Kami
  • Pasang Iklan

© 2023 BacaJambi.ID

No Result
View All Result
  • RAGAM
  • ADVERTORIAL
  • DAERAH
  • KESEHATAN
  • OLAHRAGA
  • OPINI
  • SELEBRITIS
  • HUKRIM
  • OPINI
  • PEMERINTAHAN
  • PENDIDIKAN

© 2023 BacaJambi.ID

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In