Kota Jambi – Pemerintah Kota Jambi merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi dengan menggelar acara selamatan, yang dihadiri oleh berbagai pejabat dan pemangku kepentingan, Kamis (27/6/2024).
Pj Walikota Jambi, Sri Purwaningsih, memberikan sambutan dalam acara tersebut, dan menekankan pentingnya evaluasi dan peningkatan pelayanan publik.
“Alhamdulillah, pagi ini Pemerintah Kota Jambi menyelenggarakan acara selamatan ulang tahun yang ke-2 Mal Pelayanan Publik Kota Jambi. Di usia yang kedua ini, selain rasa syukur yang harus kita kuatkan, juga menjadi bahan evaluasi bagi kita semuanya,” ujar Sri Purwaningsih.
Sri Purwaningsih menegaskan bahwa pelayanan publik di MPP harus diberikan dengan cepat, biaya yang murah, transparan dalam prosesnya, dan tentunya berorientasi pada kepuasan masyarakat.
“Data yang tadi disampaikan menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun dalam jumlah layanan publik dan masyarakat yang mengajukan usulan perizinan. Nilai usulan perizinan juga meningkat,” jelasnya.
Ia juga menyoroti dampak positif dari pelayanan publik yang baik terhadap peningkatan investasi di Kota Jambi.
“Dengan pelayanan publik yang baik, investor yang akan berinvestasi di Kota Jambi tentu akan meningkat. Ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan aset daerah dan mengurangi pengangguran,” tambahnya.
Dalam sambutannya, Sri Purwaningsih juga menyinggung pentingnya digitalisasi layanan publik.
“Tadi juga ditegaskan oleh Ibu Novi dari Kementerian PANRB bahwa layanan di MPP harus menggunakan sistem digitalisasi untuk mengurangi interaksi langsung antara masyarakat dengan pelayan publik,” ungkapnya.
MPP Kota Jambi telah memiliki tiga aplikasi utama untuk mendukung digitalisasi, yaitu OSS, SIMBG, dan SILANCAR.
“Saya meminta agar ketiga aplikasi ini dimaksimalkan, dioptimalkan, dan dipahami dengan baik oleh pelayan publik maupun masyarakat yang dilayani,” kata Sri Purwaningsih.
Pada kesempatan yang sama, Pemkot Jambi juga menandatangani maklumat bersama dengan sekitar 30 instansi yang memberikan layanan di MPP.
“Kami sepakat bahwa layanan di MPP harus dilakukan dengan integritas. Jika ada pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, akan ada sanksi,” jelasnya.
Sri Purwaningsih berharap masyarakat Kota Jambi benar-benar merasakan layanan yang cepat dan ramah dari MPP, yang pada akhirnya akan menghasilkan masyarakat yang sejahtera.
“Di ulang tahun yang kedua ini, saya sampaikan pesan bahwa pelayanan harus semakin cepat, semakin ramah, dan dengan tenaga kerja yang berintegritas,” tutupnya.
Acara HUT ke-2 MPP Kota Jambi menjadi momentum penting untuk memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik, transparan, dan efisien kepada masyarakat. ***